Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Rabu, 20 Februari 2013

Tabungan Ternak Untuk Bantu Peternak



Semangat qurban bersama petani dan peternak domba di desa, cukup dimulai Rp. 220.000,- per bulannya atau yang hanya sekitar Rp. 7ribuan per harinya! Satu ekor ternak domba dengan berat antara 30 hingga 33 kilogram yang akan disiapkan sedari sekarang guna mendukung niat pelaksanaan ibadah qurban 1434 H mendatang bagi pembaca.  

Hewan ternak Domba Garut adalah pilihannya, yang dari sejarahnya adalah persilangan tiga rumpun bangsa domba. Bukan jumlah yang sedikit berbicara kebutuhan hewan ternak kambing domba pada pelaksanaan ibadah qurban tiap tahunnya, untuk ibu kota Jakarta saja misalnya, sebagaimana informasi yang didapat daripada situs Viva News, pada tahun 2011, tercatat sebanyak 8.571 ekor sapi, 171 ekor kerbau, 32.003 ekor kambing dan 2.685 ekor domba yang diqurbankan untuk wilayah ibu kota Jakarta. Sedangkan pada tahun 2012, terdata sebanyak  73.921 ekor kambing, 18.671 ekor sapi, 5.122 ekor domba dan 397 ekor kerbau yang diqurbankan hanya untuk wilayah ibu kota Jakarta! Data lain yang bersumber daripada situs pemerintah kota Bandung, untuk wilayah Bandung dan sekitarnya, tercatat sebanyak 6.136 ekor sapi dan 16.807 ekor domba yang dipotong sebagai ternak qurban tahun 2012.   


Harga hewan ternak domba qurban senantiasa naik sepanjang tahun? Bilamana sejenak Kita melakukan perenungan terkait darimanakah ternak domba yang siap dikurbankan itu berasal, bukan secara tiba-tiba tentunya seekor ternak domba dapat tersedia sebagai hewan qurban, ternak domba adalah perlu dipelihara, diberikan pakan, dirawat dan dibesarkan sampai pada akhirnya siap untuk dijual sebagai hewan kurban sehat dan sesuai syariat.

Adalah petani dan peternak desa yang selama ini salah satunya dikenal mumpuni untuk merawat, memelihara dan membesarkan ternak domba sebagaimana cerita sejarah yang menyatakan bilamana usaha ternak domba merupakan usaha akar rumput yang banyak dijalankan pada level petani di pedesaan. Kenaikan harga domba qurban pada kisaran persentase antara 15 hingga 20% kiranya dapat menjadi suatu kewajaran mengingat kebutuhan hidup seseorang walaupun itu petani desa sekalipun yang berpotensi terus meningkat pada tiap tahunnya! Anak petani perlu makan, anak petani pun perlu bersekolah! Ayo Kita jadikan nilai ibadah qurban Kita semakin berlipat ganda dengan mengikuti program tabungan ternak domba untuk membantu peternak desa pastinya.

Bagaimana cara melakukan pendaftaran untuk berpartisipasi pada program tabungan ternak domba guna kelancaran ibadah qurban 1434 H mendatang nanti khususnya? Pendaftaran adalah sudah bisa dilakukan sedari sekarang dengan mengisi formulir pendaftaran online sebagaimana tersebut pada bagian atas blog ini. Silahkan isi data pemesanan di atas di mana selanjutnya bagian customer services Kami yang akan menghubungi pembaca yang budiman. Salam Bangga menjadi Petani dan Peternak Indonesia!

Arsip Blog Tentang Penyelenggaraan Tabungan Domba Qurban
Inspirasi Tabungan Domba Kurban Awalnya
Mungkinkah Tabungan Domba Kurban Berbasis Dinar?
Beli Hewan Kurban Domba Dengan Cara Nyicil
Saatnya Berkurban Dengan Domba Garut

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia