Villa Domba Siap Melayani Kebutuhan Domba Qurban Anda!

Senin, 29 Desember 2008

HARGA ANAK DOMBA MAHAL?

Toko Buku Online
”Sekedar info kang, harga anak domba jantan untuk bakalan domba penggemukkan sedang tinggi harganya saat ini! Anak domba dengan berat kisaran 20 Kg ada yang bisa mencapai angka 700 ribu per ekor! Enggak kebayang ngejualnya berapa untuk kurban tahun depan nanti!” demikian informasi yang penulis terima dari salah seorang pembaca setia Blog Domba Garut. ”Stock nya lagi susah dicari kang! Kandang petani banyak yang kosong!” informasi lain yang penulis terima dari rekan yang bergerak dibidang usaha penggemukkan domba. Harga anak domba sedang mahal? Menarik untuk diketahui tentang kondisi apa yang sedang terjadi, semoga dapat memberikan manfaat, saran, kritik dan masukan sangatlah penulis butuhkan dari pembaca Blog Domba Garut sekalian.




Lepas penyelenggaraan ibadah kurban 1429 H lalu pastinya para peternak yang bergerak dibidang usaha penggemukkan domba akan mulai berlomba untuk membeli bakalan anak domba, ditambah perayaan natal dan tahun baru yang mungkin saja menjadikan naiknya kebutuhan daging domba maka hukum pasar supply dan demand pun pada akhirnya berlaku: Permintaan naik, pasokan terbatas sehingga secara otomatis harga pun menjadi tinggi! Demikian sekedar tebak-tebakan penulis terhadap kenaikan harga anak domba yang sedang berlaku saat ini di akhir periode tahun 2008. Benar atau tidaknya tebak-tebakan ini maka mungkin baru dapat dibuktikan di pertengahan tahun 2009 nanti! Mengapa demikian? Logikanya sederhana, bila stock ternak domba kambing sudah terkuras habis selepas penyelenggaraan ibadah kurban, perayaan natal dan tahun baru maka perlu waktu paling tidak selama 6 bulan bagi induk domba maupun kambing menghasilkan anak lagi ataupun menyapih anaknya. Anak domba pun menjadi barang langka saat ini dan primadona bagi peternak yang bergerak dibidang penggemukkan domba. Dan bila kondisi ini yang terjadi maka rejeki bagi peternak domba yang bergerak dibidang pembibitan. Saran, kritik dan masukan sangatlah penulis butuhkan.



Pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar kelangkaan itu terjadi sehingga menyebabkan harga anak domba pun jadi membumbung tinggi? Dimana terkait kondisi ini penulis hanya bisa menjawab bila mungkin saja kelangkaan itu terjadi berawal dari jumlah populasi induk domba yang ada saat ini guna memproduksi anak domba sebagai suatu produk adalah tidak sebanding dengan kebutuhan pasar yang terus meningkat tiap tahunnya. Kata kuncinya tetap diproduksi! 

Sektor pembibitan domba memegang peranan penting terhadap upaya pemenuhan kebutuhan pasar domba di negeri ini! Suatu peluang usaha yang layak untuk dijajaki! ”Susah kang, pembibitan mah BEP nya lama dan biaya tinggi!” kritik salah seorang rekan penulis pada suatu waktu. Padahal tidaklah demikian pastinya, terlebih bilamana dalam pengembangannya dijalin suatu pola kemitraan dengan masyarakat seperti yang seringkali penulis ulas pada Blog ini. Harga Anak Domba Mahal? Logikanya sederhana, bila stock ternak domba kambing sudah terkuras habis selepas penyelenggaraan ibadah kurban, perayaan natal dan tahun baru maka perlu waktu paling tidak selama 6 bulan bagi induk domba maupun kambing menghasilkan anak lagi ataupun menyapih anaknya. Anak domba pun menjadi barang langka saat ini dan primadona bagi peternak yang bergerak dibidang penggemukkan domba. Saran, kritik dan masukan sangatlah penulis butuhkan. Majulah Usaha Ternak Indonesia!




Launching Kartu Petok!

Kartu Petok? Kartu jenis apakah itu? Istilah ini sebenarnya datang dari rekan kerja penulis yang khusus ditunjuk untuk menangani divisi kemitraan pembibitan domba di Villa Domba yaitu Chrismantoro. Kartu ini memang sengaja dibuat untuk memudahkan pencatatan administrasi di lapangan terkait kemitraan pembibitan domba antara Villa Domba dengan peternak mitranya. Kartu yang terdiri dari 3 warna dengan format sama di mana berisikan data-data penting terkait ternak domba yang sedang dipelihara oleh mitra. Sengaja dibuat 3 warna di mana warna merah untuk arsip di Villa Domba, warna hijau untuk arsip di pembina dan warna kuning untuk arsip di peternak mitra. ”Mengandalkan ingatan saja tidak cukup bang! Tetapi pencatatan administrasi yang ribet juga akan memusingkan petani! Perlu dibuat format sederhana, mudah aplikasinya di lapangan dan dapat dipahami teknisnya oleh seluruh pihak yang terlibat dalam kemitraan ini!” saran sang penggagas Villa Domba, siap! Kartu Petok sudah dilaunching! Inspirasinya datang dari profesi seorang dokter yang bisa melihat track record pasiennya hanya dari 1 arsip! Semoga dapat memberikan manfaat!


Jaket Kulit Top Gun
Jaket Kulit Kambing Domba Tom Cruise


Kain Kashmir& Bulu Kambing
Jilbab Pashmina, Kain Kashmir& Bulu Kambing 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia