Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Sabtu, 04 Oktober 2008

SERTIFIKASI DOMBA GARUT

Sebuah SMS diterima penulis yang datangnya dari kang Krisna selaku personil lapangan tim Sertifikasi Domba Garut gabungan Fakultas Peternakan Unpad dan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia. Adapun SMS dimaksud adalah terkait Sertifikasi Domba Garut di Villa Domba yang merupakan kali yang kedua.

Tampak gambar di atas adalah pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Domba Garut di lahan perkebunan vanilla organik dan peternakan Villa Domba. Standar yang digunakan adalah mengacu pada hasil penelitian dari salah seorang senior penulis dalam ilmu perdombaan yaitu Bp. Denie Heriyadi, dkk (2003), pengukuran indeks rangka tubuh Domba Garut berdasarkan panjang badan, lingkar dada, tinggi pundak dan lebar dada. Informasi lebih lanjut tentang Sertifikasi Domba Garut yang dapat pembaca lihat pada Blog Kambing Domba Fapet Unpad

Berita menarik lainnya tentang domba Garut bersumber dari VNewsMedia.com, Membawa Domba Diakui Dunia,  SNI Bibit Domba Garut yang sudah ditetapkan SNI 7532:2009 guna meningkatkan jaminan mutu atau quality assurance dari ternak domba Garut, domba kebanggaan tatar sunda ini yang juga mendapatkan international classification for standard (ICS) nomor 65.020.30. Domba Garut, plasma nutfah asli Indonesia yang sudah mendapatkan pengakuan dunia. Berita sertifikasi domba Garut lainnya pada Prosedur Sertifikasi Domba Garut.

Ingin lebih belajar banyak tentang domba Garut? Mengetahui pernak-pernik domba Garut yang bukan hanya sekedar hewan ternak produksi daging namun memiliki nilai tambah sebagai domba ketangkasan yang diminati para penghobi domba? Sebuah buku yang ditulis oleh Bp. Denie Heriyadi, peneliti domba Garut, tokoh peternakan domba dan sekaligus dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, “Pernak-Pernik dan Senarai Domba Garut”, buku yang bermanfaat dan wajib dimiliki oleh penggemar domba tangkas khususnya penghobi pemula yang ingin memelihara domba Garut. Domba Garut merupakan rumpun domba asli dari Jawa Barat, dengan ciri khas memiliki kuping rumpung (<4 cm) atau ngadaun hiris (4-8 cm) dengan ekor ngabuntut beurit atau ngabuntut bagong, sebagaimana dikutip dari VNewsMedia.com. Posting blog lainnya tentang domba Garut pada Sejarah Domba Garut dan Arena Seni Ketangkasan Domba Garut.  

Ingin lebih belajar banyak tentang domba Garut? Mengetahui pernak-pernik domba Garut yang bukan hanya sekedar hewan ternak produksi daging namun memiliki nilai tambah sebagai domba ketangkasan yang diminati para penghobi domba? Kenali Ragam Warna dan Tanduk Domba Garut pada Caturangga Domba Garut dan Standarisasi Domba Garut.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia