Villa Domba Siap Melayani Kebutuhan Domba Qurban Anda!

Rabu, 25 Juni 2008

TENTANG KALIANDRA

Toko Buku Online
Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat tentang pemanfaatan daun kaliandra sebagai pakan ternak. Di lahan peternakan Villa Domba sendiri tanaman ini memang sengaja ditanam di mana ke depannya dapat dimanfaatkan juga sebagai tajar/ rambatan tanaman Vanilla. Silahkan KLIK Web: http://balitnak.litbang.deptan.go.id/





Kaliandra merupakan salah satu leuguminosa pohon atau semak yang memiliki beberapa spesies, satu diantaranya yang paling banyak dikenal adalah jenis kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus). Kaliandra dapat beradaptasi pada berbagai jenis tanah asam, ketinggian tempat diatas 1700 m dpl, dan curah hujan yang tiggi antara 2000-2400 mm/tahun. Pemanfaatan daun kaliandra sebagai hijauan pakan ternak telah banyak dilakukan, umumnya petani yang berada di areal kawasan kehutanan atau perkebunan, Peternak umumnya memberikan daun kaliandra dalam bentuk segar karena lebih disukai ternak, tetapi kadang kala dilayukan dahulu untuk menurunkan kadar tanninnya.





Daun kaliandra merupakan protein baik bagi ternak ruminansia karena mengandung 20-25% protein kasar yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produktivitas ternak. Selain digunakan sebagai hijauan pakan ternak, kaliandra juga banyak dimanfaatkan sebagai kayu bakar, produksi lebah madu, dan untuk konservasi lahan marginal. Kebanyakan tanaman kaliandra dimanfaatkan sebagai tanaman untuk konservasi tanah marginal seperti tepi sungai, hutan, jalan, atau daerah lahan kritis yang ditumbuhi alang-alang. Silahkan KLIK Video Youtube:

Pemanfaatan Daun Kaliandra sebagai Pakan Ternak


Cari Artikel Terbaru Domba Garut& Tanaman Rempah, KLIK Link Dibawah:
 

1 komentar:

  1. untuk adudomba.com: saya pernah liat adu domba di arcamanik! menarik sekali. di bandung utara daerah ikip juga ada adu domba regular. saran saya: event ini bisa dijual kewisatawan. kontak hotel2 di bdg saja.

    BalasHapus

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia