Villa Domba Siap Melayani Kebutuhan Domba Qurban Anda! Hubungi Email agusramadas@yahoo.co.id

Minggu, 08 Juni 2008

TENTANG DOMBA BETINA

Melengkapi Posting Blog Terdahulu, Klik. Tentang Domba Garut Betina 

Seperti apa ciri fisik induk domba garut betina yang sedang bunting dan memasuki masa kelahiran anak domba sebagai bagian siklus reproduksi domba? Kemudian bagaimana metode pengukuran indeks domba yang berlaku untuk bibit domba garut betina sehingga dapat diketahui kualifikasi atau kelas yang dimiliki berdasarkan ukuran rangka tubuhnya? Semoga link kumpulan video youtube berikut dapat memberikan manfaat bagi para pembaca blog peternakan domba sekalian.



Ciri fisik domba Garut betina jelang kelahiran anak domba
Video Youtube. http://www.youtube.com/watch?v=75SynjVk6Sw  
Semoga dapat memberikan manfaat terkait ciri fisik induk domba Garut betina menjelang kelahiran anak domba. Persiapan menjelang kelahiran anak domba dapat segera dilakukan bilamana ciri fisik pada induk domba betina tersebut sudah tampak terlihat sebagai bagian siklus reproduksi domba. Mulai dari pinggul domba yang mengendur, lunaknya bagian tulang ekor domba hingga puting susu domba yang turun.

Pengukuran Indeks Rangka Tubuh Untuk Domba Garut Betina
Video Youtube. http://www.youtube.com/watch?v=G_FCKSK9bok  
Sangatlah penting bagi kita guna mengetahui standard pengukuran yang berlaku pada rangka tubuh domba guna menentukan kelasnya. Induk domba Garut betina yang memiliki rangka tubuh besar diharapkan dapat menghasilkan keturunan anak domba Garut yang semakin baik, terlebih bilamana induk domba betina tersebut bermaksud dikawinkan juga dengan induk domba Garut jantan yang sama-sama berkualitas.

Induk domba Garut betina menentukan produksi bakalan domba (1)
Video Youtube. http://www.youtube.com/watch?v=gRBHsqdBu6E 
Kualitas bakalan atau anak domba Garut ditentukan oleh kualitas induknya. Induk domba Garut yang baik akan menghasilkan kualitas keturunan anak domba Garut yang baik pula, mulai dari segi rangka ternak domba, berat kelahiran anak domba dan pertumbuhan anak domba tiap bulannya.

Induk domba Garut betina menentukan produksi bakalan domba (1)
Video Youtube. http://www.youtube.com/watch?v=TLuZmkvA8ho
Kualitas anak domba Garut ditentukan juga oleh genetik induk domba, kemudian faktor berikutnya adalah kualitas pakan ternak yang diberikan, cara pemeliharaan dan juga kondisi lingkungan sekitar kandang untuk tempat memelihara domba. 


Tampak gambar di atas adalah induk domba Garut betina yang memiliki kelas berbeda berdasarkan ukuran rangka tubuhnya. Tingkat harga jual domba yang berbeda pun dapat ditetapkan kepada pembeli  untuk setiap penawaran jual bibit domba yang dilakukan selain catatan reproduksi kelahiran domba yang dimilikinya termasuk catatan prestasi kejuaraan bilamana domba dimaksud pernah memenangi ajang kontes ternak. Dalam hal ini telah ditetapkan standar pengukuran yang berlaku secara nasional untuk rangka tubuh domba Garut berupa Standar SNI Domba Garut





Artikel Lainnya Tentang Domba Garut,  
Raja Kasep& Ratu Bibit Domba Garut   
Caturangga Domba Garut (1) 



Tahukah pembaca bila penyebab kenaikan harga domba kurban tiap tahunnya diantaranya ialah semakin mahalnya harga anak domba yang dijadikan bakalan domba untuk penggemukkan beberapa bulan menjelang hari raya kurban tiba oleh peternak penggemukkan domba. Dan kian mahalnya harga bakalan domba penggemukkan salah satunya disebabkan kelangkaan jumlah peternak domba yang memiliki keberanian terjun disektor pembibitan domba dimana selama ini pembibitan domba identik sebagai sektor bisnis domba yang beresiko tinggi. 

Sayangnya juga kenaikan yang terjadi pada harga jual domba kurban tiap tahunnya adalah belum diikuti perbaikan kualitas ternak domba sebagai hewan kurban, mutu dan kualitas hewan kurban mengalami penurunan tiap tahunnya dari pengamatan yang ada, semoga  kurban domba tidak makin kehilangan peminat, lebih menyedihkan lagi di luar pangsa pasar bakalan domba dan domba penggemukkan kurban, daging domba muda produksi peternak lokal yang dikenal dengan istilah lamb atau daging domba balibu alias daging domba bawah usia 5 bulan adalah masih juga belum mendapat tempat terhormat di negeri sendiri dibandingkan daging domba impor yang konon memiliki tekstur dan tingkat keempukan lebih baik. Daging domba muda kaya akan Gizi dan Nutrisi, link artikel tentang Daging Domba:






Pemberian insentif bagi peternak yang konsisten terjun di sektor pembibitan domba adalah terobosan yang patut untuk diperjuangkan sebagai bagian mengatasi permasalahan semakin melambungnya harga bakalan domba kurban, Klik. Reproduksi Ternak Kambing Domba, Salam Bangga menjadi Peternak Indonesia!    

1 komentar:

  1. hatur nuhun informasinya....vila domba semoga terus menjadi pelopor peternakan domba garut modern...

    BalasHapus

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia