Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Selasa, 13 Mei 2008

JADWAL OBAT CACING

Toko Buku Online
Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat terkait jadwal pemberian obat cacing pada hewan ternak domba. Ucapan terimakasih penulis kepada kang Alam dan seluruh personil tim Villa Domba yang telah memberikan informasi ini, ”Bang, harga obat cacing merek x yang kita beli adalah Rp. 200.000,- dengan kemasan cair 1000 ml. Itu berarti harga per ml adalah Rp. 200,-.” ucap kang Alam kepada penulis.


Obat cacing adalah mulai diberikan semenjak anak domba berusia 1 minggu setelah kelahiran, kemudian 3 minggu setelah kelahiran dan selanjutnya setiap periode 2 bulan sampai dengan seterusnya. Sedangkan pada Induk Domba maka obat cacing diberikan setelah melahirkan anak domba dan sebelum kegiatan perkawinan/ masa istirahat kawin. Obat cacing ada yang dapat diberikan dalam bentuk bolus dan ada juga yang dapat diberikan dalam bentuk cair. Tampak gambar di atas adalah kegiatan pemberian obat cacing cair pada Induk Domba yang baru melahirkan dan anak dombanya yang sudah memasuki usia 1 minggu di Villa Domba. Dosis yang diberikan adalah 1 ml per 5 kg berat badan hidup domba.


Tampak pada gambar di atas adalah contoh anak Domba Garut berusia kurang lebih 3 minggu yang ada di Villa Domba. Berat Kg Hidup adalah antara 5 s.d 7 Kg di mana bersama Induk maka anak domba pada usia ini diberikan obat cacing untuk keduakalinya. Ucapan terimakasih penulis kepada Drh. Pranyata yang selalu berkenan memberikan ilmu pengetahuan bermanfaat terkait pemeliharaan kesehatan ternak kepada tim Villa Domba selama ini.



Gambar di atas adalah Anak Domba Garut betina untuk Calon Bibit (Kiri) dan Anak Domba Garut jantan untuk Calon Kurban (Kanan) berusia 4 s.d 5 bulan yang ada di Villa Domba. Berat Kg Hidup yang dimiliki adalah antara 10 s.d 20 Kg di mana saat lepas sapih maka anak domba kembali mendapatkan perlakuan obat cacing sebelum dimasukkan ke kandang.



Domba Garut Betina dengan usia kehamilan 2 bulan yang ada di Villa Domba (Kiri) dan Domba Garut Betina menjelang kelahiran (Kanan). Sebelum dikawinkan di mana domba betina terlebih dahulu diberikan obat cacing. Domba betina yang sedang hamil di mana pemberian obat cacing tetap dilakukan hanya saja dengan ramuan obat-obatan tradisional. Pemberian obat cacing yang dilakukan secara terjadwal tentunya akan menjadikan usaha ternak yang sedang kita jalankan dapat meminimalkan resiko kerugian antara lain: Ternak sakit, penyusutan berat badan khususnya pada usaha penggemukkan dan lainnya. Berapa biaya yang harus kita keluarkan manakala melakukan pemberian obat cacing pada ternak? Berikut informasi yang penulis peroleh dari tim Villa Domba di lapangan tersaji dalam bentuk tabel, saran, kritik dan masukan senior sekalian sangat penulis butuhkan:



Selama kurun waktu 14 bulan di mana obat cacing bagi hewan ternak untuk kebutuhan 1 ekor adalah hanya sebanyak 37 ml, bila dihitung biaya maka hanya Rp. 7.400,- untuk periode 14 bulan atau Rp. 528,- per bulan per ekor ternak domba atau hanya Rp. 17,6,- per hari per ekor ternak domba ! ! ! . Bila peternak membeli obat cacing dengan kemasan 1000 ml maka selama periode 14 bulan dapat mencukupi kebutuhan sebanyak lebih kurang 27 ekor ternak domba.

Pengalaman penulis di lapangan termasuk penulis sendiri pada masa itu di mana masih banyak calon peternak ataupun peternak yang beranggapan mahalnya biaya obat-obatan terkait kesehatan hewan ternak, namun bilamana dihitung pada kenyataannya biaya obat-obatan terkait kesehatan hewan ternak tidaklah setinggi biaya yang kita keluarkan untuk pakan ternak ataupun pekerja misalnya. Menjelang persiapan kurban khususnya usaha penggemukkan maka pada Blog akan penulis upayakan untuk berbagi tentang persiapan Villa Domba terkait pemeliharaan kesehatan hewan ternak yang ada hubungannya dengan kebutuhan obat-obatan hewan ternak domba, sebuah video yang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca Blog sekalian:

Obat Ternak (1) – Rapat terkait Biaya Obat Ternak untuk Persiapan Kurban
http://www.youtube.com/watch?v=r9Nbe2gDP7g

Obat Ternak (2) – Pemberian Obat Cacing pada Hewan Ternak Domba
http://www.youtube.com/watch?v=QQ3WcaITl9s

Calon Domba Kurban Usia 4 s.d 5 Bulan di Villa Domba
http://www.youtube.com/watch?v=A9hjdECdrAg

Informasi Pembelian Bibit Ternak Domba Garut Siap Kawin, Bunting ataupun Beranak, Pembelian Anak/ Calon Bibit Ternak Domba Garut untuk Siap Kawin, Pembelian Anak/ Calon Kurban Ternak Domba Garut untuk digemukkan, Konsultasi& Pelatihan Usaha Ternak Domba Garut, maka silahkan menghubungi Sdr. Alam, HP.0856.779.8001, Sdr. Chrismantoro, HP.0815.787.30437 atau Sdri. Riri, HP. 0856.438.21499. Email. agusramadas@yahoo.co.id

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia