Villa Domba Siap Melayani Kebutuhan Domba Qurban Anda! Hubungi Email agusramadas@yahoo.co.id

Senin, 14 April 2008

KONTES KAMBING PE DI BLITAR

Toko Buku Online
Kontes Kambing Peranakan Ettawa Blitar,
Peserta membludak, Panitia Kewalahan

Salam Peternak ! ! !

Kontes kambing Peranakan Ettawa di Blitar telah berlalu hampir seminggu. Pembaca blog yang berbahagia penulis akan mencoba menggambarkan sedikit suasana kontes kambing di kota yang terkenal dengan Kota Proklamator. Sebuah kota kecil di Jawa Timur Selatan. Walaupun mungkin agak terlambat, tapi ngga apa-apalah. Ada pepatah yang bilang lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Beberapa hari yang lalu sudah penulis posting pengumuman pemenang kontesnya. Sekarang hasil liputannya. Pengumumannya dapat dilihat selengkapnya di bawah tulisan ini

Hari itu minggu tanggal 6 April 2008 di Pasar Dimoro Kota Blitar, pasar Dimoro adalah pasar hewan terpadu. Pasar milik Pemerintah Kota Blitar ini adalah pusat perdagangan hewan seperti sapi, kambing ayam, burung. Hari itu mulai pagi terjadi pemandangan yang berbeda dari biasanya, kalau pada hari Pasaran, hewan yang datang ke pasar relatif beragam Sapi, Domba, Kambing, ada yang cempe, induk atau pejantan. Tapi hari itu sangat berbeda, hewan yang datang ke pasar di dominasi kambing dengan warna kepala hitam dan bulu badan berwarna putih, ada juga yang warna bulu di sekitar kepala merah kecoklatan tapi jumlahnya tidak seberapa. Yang membawa kambingnya pun bukan pedagang atau Blantik begitu orang menyebut pedagang kambing tapi orang yang berdandan necis, dan datang datang dari Blitar dan luar kota Blitar. Ada apa ya..?!!!
Ternyata....!!! Hari itu Forum Komunikasi Peternak Kambing Peranakan Ettawa Blitar punya gawe mengadakan Kontes Kambing Peranakan Ettawah Ke 2 Tahun 2008 acara ini adalah agenda rutin dan acara ini adalah kali kedua. Acara ini bertepatan dengan agenda Pemerintah Kota Blitar memperingati Hari Jadi Kota Blitar yang ke 101. Acara ini terselenggara kerjasama Forum Komunikasi Peternak Kambing Peranakan Ettawa Blitar, Dinas Pertanian Kota Blitar, dan Kantor Pengelola Pasar Hewan dimoro Kota Blitar.
Menurut bapak Kusairi Sekretaris Forum Komunikasi Peternak Kambing Peranakan Ettawa Blitar dalam perbincangan dengan Penulis, mengatakan target panitia penyelenggara Kontes Kambing kali ini adalah sekitar 150 Kambing namun pada hari H yang ternyata yang datang mendaftar mencapai 250 kambing. Lanjutnya, ini menunjukkan apresiasi masyarakat terhadap kambing Peranakan Ettawa meningkat. menurut beliau ada beberapa alasan mengapa kambing Peranakan Ettawa semakin banyak digemari. Ada nilai eksotis atau keindahan dari kambing ini sehingga disitulah ada nilai yang melekat yaitu seni.. Selain keunggulan secara fisik yaitu, pertumbuhan pesat, postur tubuh besar, bentuk kepala yang cembung, telinga melipat, warna bulu, bentuk ekor.Kambing Peranakan Ettawa juga mempunyai produksi susu yang tinggi karena merupakan jenis kambing perah. Susu kambing juga dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit. Inilah yang menjadi nilai jual kambing ini menjadi tinggi.
Kontes kambing kali ini tidak hanya di ikuti peserta dari Kota dan Kabupaten Blitar namun juga di diikuti oleh peternak kambing di kota dan kabupaten di sekitar Blitar seperti Tulungagung, Kediri, Mojokerto, Malang, Ponorogo dll bahkan dari Propinsi lain yaitu dari Asosiasi Peternak kambing PE Sembada Sleman Yogyakarta. Pak Bondan bersama 50 orang temannya juga membawa 8 ekor kambing untuk ikut serta dalam kontes kambing. Sebagai humas asosiasi tersebut beliau sebelumnya mengirim email kepada Penulis setelah membaca email yang dikirim penulis di Milis Insan Peternakan yang di komandani Kang Agus dari Villa Domba Bandung. Beliau beserta teman-temannya akan berpartisipasi dan akan studi banding pelaksanaan Kontes kambing di Blitar. Foto Mas Bondan dan kambingya juga saya tampilkan di Blog ini. Walaupun agak ngga kelihatan.
Jumlah peserta yang membludak membuat panitia harus bekerja ektra keras, sehingga dari pagi sampai menjelang Magrib penjurian baru selesai. Penjurian sudah mengikuti standar Nasional dan salah satu juri sudah mengikuti Diklat penjurian kambing PE secara nasional yang meliputi berbagai kriteria dengan nilai-nilai tertentu. Menurut rencana semula diperkirakan jam 14.00 sudah selesai dan akan dilanjutkan penyerahan hadiah oleh Walikota Blitar Bapak Jarot Saiful Hidayat. Namun beliau tetap hadir dalam acara ini memberikan support atas terselenggaranya acara ini. Walaupun belum ada penyerahan hadiah. Foto beliau dapat dilihat di bagian bawah BLOG.
Pengumuman resmi pemenang Kontes Kambing Peranakan Ettawa Blitar 2008 baru dilaksanakan esok harinya yaitu tanggal 7 April di acara talkshow di Radio Patria FM jam 20.30 Wib bersama Bapak Kusairi sebagai Panitia sekaligus Sekretaris Panitia kontes kambing. Dalam akhir talkshow tersebut beliau menyampaikan bahwa dalam setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan ada yang menang, yang menang jangan lupa diri dan sombong namun sebagai pemacu untuk giat berprestasi lagi untuk kemajuan peternakan kambingnya, dan bagi yang kalah dapat menyampaikan kritik, saran, atau ketiadakpuasan kepada panitia tanpa merubah keputusan dewan juri. Hal ini akan menjadi evaluasi kedepan bagi panitia karena sifat panitia masih taraf belajar. Pengumuman pemenangnya dapat di lihat bagian bawah tulisan ini.
Menurut informasi yang didapat penulis penyerahan hadiah akan dilaksanakan bersamaan dengan acara Bursa lelang Kambing PE Tanggal 19 April 2008 di Pasar Hewan terpadu Dimoro Kota Blitar dan rencananya akan menghadirkan kembali pemenang-pemenang kontes kambing.Demikian sedikit tulisan yang bisa penulis sampaikan kepada pembaca Blog Kambing Indonesia, Blognya Peternak Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan baru dan inspirasi bagi kita semua Insan peternakan.
Buat mas Bondan dan teman-teman Asosiasi Peternak kambing PE Sembada di Ngayogyakarto Hadiningrat, penulis pribadi dan seluruh Panitia kontes kambing mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan kedatangannya. Semoga jalinan ukhuwah diatara kita semakin erat dan jalinan sinergi menuju masa depan peternakan di Indonesia.
Salam Sukses. Salam Peternak...!!!
Matur Nuwun
Didik Yusuf, SPt
Blog :http://kambingindonesia.blogspot.com
Email :mail_didikyusuf@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia