Villa Domba Siap Melayani Kebutuhan Domba Qurban Anda! Hubungi Email agusramadas@yahoo.co.id

Minggu, 09 Maret 2008

SUSUNAN GIGI : UMUR KAMBING DOMBA

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca Blog sekalian yaitu mengenai cara mengetahui umur hewan ternak kambing domba dengan melihat bentuk susunan gigi. Semoga cara ini akan membantu disamping data pencatatan terkait tanggal kelahiran kambing domba sebagai yang utama bilamana memungkinkan. Berikut informasinya yang dapat penulis peroleh:



Susunan gigi pada kambing domba memiliki 2 macam jenis gigi, pertama adalah gigi susu (temporary teeth) dan yang kedua adalah gigi dewasa (permanent teeth). Seiring dengan pertambahan umur domba kambing maka gigi susu akan tanggal dan berganti menjadi gigi dewasa tak ubahnya kondisi yang terjadi seperti pada gigi manusia. 

Pada hewan ternak kambing domba berusia di bawah 1 tahun di mana belum memiliki gigi dewasa seperti yang tampak pada gambar (1), sedangkan hewan ternak kambing domba berusia 1 tahun adalah memiliki jumlah 2 gigi dewasa seperti yang tampak pada gambar (2). Gambar (3) adalah susunan gigi kambing domba berusia 2 tahun yang memiliki jumlah 4 gigi dewasa. Sedangkan gambar (4) adalah susunan gigi kambing domba berusia 3 tahun yang memiliki jumlah 6 gigi dewasa. 


Adapun hewan ternak kambing domba yang memiliki jumlah 8 gigi dewasa seperti tampak gambar (5) adalah berusia 4 tahun, di mana hewan ternak kambing domba yang susunan giginya dewasa sempurna adalah di atas 4 tahun seperti tampak pada gambar (6). Gambar diperoleh dari web.fao.org. Mengapa pengetahuan tentang susunan gigi atau struktur gigi kambing domba penting untuk diketahui? Lemahnya data pencatatan kelahiran ternak ditingkat petani dengan pengetahuan ini maka diharapkan membantu peternak dalam menentukan kisaran umur ternak kambing domba, pada pemilihan bibit domba penggemukkan misalnya dimana mengetahui umur ternak domba sangat penting untuk mencapai pertumbuhan rangka dan penambahan berat badan ternak yang optimal. Semoga dapat memberikan manfaat.

Klik. Suplemen Ternak Organik Cair (SOC), tanpa ngarit, tanpa angon, tanpa bau, dengan menggunakan SOC penambahan berat badan ternak kambing bisa mencapau 2,5kg per minggu! SOC Organik Cair merupakan suplemen khusus untuk menyehatkan hewan ternak peliharaan seperti kambing, sapi dan juga domba. SOC merupakan suplemen terbaik saat ini, mempercepat pertumbuhan hewan ternak dan meningkatkan produksi daging, sebab SOC memberikan efek merangsang nafsu makan pada hewan ternak. Selain produksi daging, SOC juga baik untuk perkembangbiakan. SOC membantu meningkatkan kesuburan pada hewan, sehingga SOC dapat mempertinggi kualitas telur pada hewan unggas, maupun perkembangbiakan hewan ternak lain seperti kambing dan sapi.

Arsip Blog Terdahulu,
Waspada Penyakit Cacingan Saat Penggemukkan Domba

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia