Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Rabu, 19 Maret 2008

KING GRASS - RUMPUT RAJA

Terimakasih kepada kang Budhi yang memberikan informasi baru bagi penulis terkait jenis rumput King Grass ketika kunjungan pada hari minggu yang lalu. Bila dari penjelasan yang diperoleh penulis dari kang Budhi tampaknya jenis rumput King Grass bisa jadi paling tinggi produksinya dibandingkan jenis rumput lainnya. Sebuah informasi menarik lainnya diperoleh penulis dari web http://insidewinme.blogspot.com/: Dengan jarak tanam 60 x 100 cm sehingga perkiraan kebutuhan bibit rumput Raja (King Grass) dalam hampar tanah seluas 1 hektar adalah sebanyak: (10.000/0,60) x 2 stek = 33,332 stek/hektar. Apabila rata-rata 1 Kg Bibit Rumput = 15 stek maka perkiraan kebutuhan bibit rumput untuk 1 ha = 2.222 Kg.



Sumber web.FAO: Rumput Raja (Pennisetum purpureophoides) atau "King Grass" merupakan jenis rumput unggul, mudah ditanam dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan potensi produksi yang tinggi. Tidak semua bahan hijauan dapat dimakan oleh ternak kecil. Umur hijauan pada saat dipangkas mempengaruhi kadar protein, daya cerna dan jumlah yang dikonsumsi oleh ternak. Komposisi zat hara rumput raja tidak banyak berbeda dibandingkan dengan rumput gajah. Tetapi karena produksi bahan hijauan maupun bahan keringnya tinggi, maka produksi zat-zat makanan per satuan luas menjadi lebih tinggi. 

Pada lahan kritis, usaha ternak dengan tanaman industri dan atau buah-buahan tampaknya lebih menjanjikan keberhasilan. Tanaman pangan hanya ditanam pada masa awal saja, atau dengan porsi kecil bila petani merasa perlu untuk menjamin keamanan pangannya. Dengan penataan tanaman pakan dan tanaman tahunan yang serasi, laju erosi dapat dikendalikan. Analisis usahatani penggunaan rumput raja dalam sistem usahatani terpadu berwawasan konservasi di Sumatera Barat ternyata layak secara finansial dengan nilai B/C rasio 1,74 dan IRR 34,8 persen. 

Kemudian dari Blog mas Bondan, http://kambingetawa.blogspot.com/: Rumput raja mempunyai karakteristik tumbuh tegak berumpun-rumpun, ketinggian dapat mencapai kurang lebih 4 m, batang tebal dan keras, daun lebar agak tegak, dan ada bulu agak panjang pada daun helaian dekat liguna. Permukaan daun luas dan tidak berbunga kecuali jika di tanam di daerah yang dingin.Rumput raja dapat di tanam di daeah yang subur di dataran rendah sampai dataran tinggi, dengan curah hujan tahunan lebih dari 1.000 mm.Produksi hijauan rumput raja dua kali lipat dari produksi rumput gajah, yaitu dapat mencapai 40 ton rumput segar/hektar sekali panen atau setara 200-250 ton rumput segar/hektar/tahun. Mutu hijauan rumput raja lebih tinggi jika dibandingkan dengan rumput gajah Hawai ataupun rumput Afrika.

KLIK Video Menanam Bibit Stek Rumput Raja di Villa Domba



Saus Burger Pakan Ternak. SBP mengandung multi-mikroba sepert mikroba Asan Laktat, Mikroba Selulolitik, Mikroba Amilolitik, Mikroba baik lainnya, Asam asam Amino Esensial, Vitamin vitamin, mineral mineral, dan bahan lainnya sampai dengan 100 % dan terbuat dari bahan bahan alami. Untuk pakan ternak Ruminasia seperti sapi, kerbau, kambing dan domba, “Burger” pakan dapat dibuat dari bahan pakan sumber serat (jerami, rumput, tebon, jagung) sumber energi dan protein (dedak padi, pollard, tepung jagung, ampas ketela, ampas sagu, kulit kedelai, atau sejenisnya)  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia