Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Selasa, 04 Desember 2007

Jenis-Jenis Hewan Kurban

Toko Buku Online
Pembaca Blog sekalian, Insya Allah tidak lama lagi maka kita akan melaksanakan ibadah kurban. Kesibukan tentunya terasa bagi para pembaca blog yang berencana membeli hewan ternak kurban pada tahun ini, ataupun bagi panitia kurban yang mendapatkan amanah untuk melakukan pengadaan hewan kurban pada tahun ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat yaitu mengenai jenis-jenis hewan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk kurban:





Kambing Kacang

Kambing Kacang adalah jenis Kambing Lokal yang paling banyak dijumpai pada setiap pelaksanaan hari raya kurban di Indonesia. Kambing Kacang merupakan jenis Kambing asli Indonesia yang memiliki berat hidup relatif lebih kecil dibandingkan jenis Kambing lainnya. Berat hidup Kambing Kacang Jantan adalah bisa mencapai 25 Kilogram sedangkan Kambing Betina seberat 20 Kilogram. Kambing Kacang adalah Ras Unggul Kambing Lokal yang pertamakali dikembangkan di Indonesia. Berikut ciri-ciri Kambing Kacang: Tubuh kambing relatif kecil dengan kepala ringan, telinga pendek dan tegak lurus mengarah ke atas depan, pada umumnya memiliki warna bulu tunggal yakni putih, hitam, dan coklat serta bercorak putih, memiliki bulu pendek pada seluruh tubuh kecuali ekor dan dagu. Keunggulan Kambing ini ialah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan setempat dan biasa dipelihara sebagai tipe kambing pedaging atau dalam bahasa lainnya dikenal dengan istilah kambing potong.




Kambing Jawa Randu

Kambing Jawarandu merupakan hasil persilangan antara Kambing peranakan etawa atau Kambing PE dan Kambing Kacang namun dengan sifat fisik Kambing Kacang lebih dominan. Kambing ini barangkali masih kalah populer dibandingkan Kambing PE, nama lain Kambing Jawa Randu adalah Bligon, Gumbolo, Koplo dan Kacukan. Ciri fisik Kambing Jawa Randu adalah daun telinga terkulai, lebar terbuka dan panjang. Berat Tubuh Jantan Dewasa sebagai Hewan Kurban dapat mencapai  40 Kg bahkan ada yang bisa hingga mencapai 70 Kilogram. Dikarenakan persilangannya dengan Kambing PE, keistimewaan Kambing ini adalah selain sebagai tipe Kambing Pedaging di mana juga bisa sebagai tipe Kambing Penghasil Susu.




Kambing Etawa

Nama lain jenis Kambing ini disebut juga Kambing Jamnapari dikarenakan awalnya didatangkan dari India. Kambing ini di Indonesia lebih dikenal sebagai tipe Kambing Penghasil Susu sebenarnya, susu kambing Etawa dari ragam hasil penelitian memiliki manfaat luar biasa mulai dari kesehatan hingga bahan baku produk dan perawatan kecantikan seperti sabun susu kambing, lulur susu kambing dan lotion susu kambing. Kambing Etawa mendapat julukan sebagai Hewan Kurban bergengsi.  





Domba Ekor Tipis

Domba ekor tipis disebut juga dengan Domba Gembel yang mana termasuk dalam kelompok tipe kambing domba pedaging. Tak ubahnya seperti Kambing Kacang di mana Domba ini merupakan kekayaan plasma nuftah Indonesia. Sering disebut juga dengan Domba Jawa dikarenakan populasinya memang lebih banyak di pulau Jawa. Domba Jawa memiliki tanduk namun kecil dan melingkar. Pada hari pasar potong di luar kurban di mana permintaan Domba Jawa sangat besar guna memenuhi kebutuhan kuliner sate kambing domba seperti rumah makan dan warung sate.



Domba Garut

Domba ini yang Kami siapkan dan tawarkan guna memenuhi kebutuhan qurban para pembaca setia Blog Villa Domba. Domba Garut merupakan persilangan 3 rumpun bangsa domba dari sejarahnya, Kaapstad Afrika, Merino Australia dan Domba Jawa. Pada tiap tahunnya Kami menyediakan domba ini dengan berat kilogram mulai dari 30 Kg, 35 Kg dan 40 Kg. Harga Domba sudah termasuk ongkos pengiriman Bandung, Cirebon, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi walaupun pemesanan hanya 1 (satu) ekor. Silahkan mengisi Formulir Pemesanan Online pada bagian kanan atas Blog ini selanjutnya Marketing Kami akan menghubungi Pembaca. 

Cari Artikel Terbaru Domba Garut& Tanaman Rempah, KLIK Link Dibawah:

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia