Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Minggu, 21 Oktober 2007

Design Kandang Ternak Domba

Atas permintaan kang Elfa di Bogor sebagai pembaca setia Blog Domba Garut dan pak Bambang di Bandung, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat yaitu mengenai Pedoman Pembuatan Kandang Domba.

Adapun berbicara kandang bagi hewan ternak ruminansia kecil baik itu kambing maupun domba, dari segi peruntukkannya adalah terbagi menjadi 2, pertama adalah kandang yang digunakan untuk  kepentingan perbanyakan ternak atau lebih dikenal dengan istilah kandang pembibitan ternak domba, kemudian kedua ialah kandang yang digunakan untuk kepentingan pembesaran ternak atau lebih dikenal dengan istilah kandang penggemukkan domba. 


Menjawab pertanyaan pembaca blog tentang fungsi kandang domba, secara garis besar, fungsi kandang domba yang baik dalam suatu usaha peternakan domba tak ubahnya seperti fungsi rumah bagi manusia. Kandang domba adalah tempat bagi ternak terlindungi dari terik panas matahari dan juga hujan, kandang domba memberikan kenyamanan bagi ternak untuk beristirahat, ternak tidak stress dengan kondisi lingkungan, kandang domba melindungi ternak dari serangan binatang buas, dan kandang domba menjaga ternak dari kejadian pencurian. 


Lalu seperti apa design dan bentuk kandang domba yang baik serta ideal berikut bangunannya sebagai tempat tinggal bagi ternak Kita? Terlebih bilamana ternak domba yang bermaksud dipelihara adalah domba Garut yang selain dikenal sebagai domba penghasil daging, domba Garut sebagai bibit unggul yang bernilai jual tinggi sebagai domba ketangkasan memiliki sifat agresif luar biasa, salah-salah bangunan kandang akan roboh akibat tanduk domba Garut yang beraneka ragam ukuran dan jenisnya, sebagaimana ulasan terdahulu tentang ragam tanduk domba Garut dan domba Garut sebagai Domba Ketangkasan. Berikut adalah pembahasan mengenai ukuran, bentuk dan aneka contoh kandang domba Garut, semoga dapat memberikan manfaat.

Kandang domba yang berencana Kita bangun setidaknya harus berjarak minimal 10 meter dari lokasi pemukiman penduduk. Tujuannya adalah menjaga sanitasi lingkungan antara rumah dengan area sekitar kandang domba, tidak hanya berlaku untuk domba Garut saja akan tetapi termasuk jenis domba lainnya, entah itu domba ekor gemuk, domba ekor tipis, Merino Australia dan sebagainya. Bau tak sedap kotoran ternak pada kandang domba dikhawatirkan mengganggu lingkungan sekitar. Tulisan mengenai aneka jenis domba pada blog, kenali aneka jenis domba.  


Kandang domba maupun kambing hendaknya dibuat pada jarak yang ideal dekat dengan lokasi sumber air namun tidak terlampau berdekatan untuk menghindari pencemaran, akan jauh lebih baik bila bangunan kandang kambing domba dibuat lebih rendah daripada sumber air. Kandang domba yang dibuat lebih rendah dari lokasi sumber air guna menghindari pencemaran akibat limbah peternakan, adapun limbah peternakan yang dikelola dengan baik sangat bermanfaat sebagai bahan pupuk organik, pukdom alias pupuk domba! 

 
Perhatikan arah matahari terbit, apakah posisi kandang domba yang Kita bangun sudah tepat disesuaikan dengan arah matahari terbit? Sinar matahari pagi sangat baik untuk tumbuh kembangnya rangka tubuh hewan ternak dan kesehatan hewan ternak yang antara lain membuat kulit ternak lebih tahan terhadap infeksi. Manfaat lainnya mencegah kondisi kandang lembab sehingga menjadikan ternak domba rawan akan penyakit.  

Pemilihan lokasi kandang yang dekat dengan target pasar juga layak dipertimbangkan, walaupun terbilang sulit memang dengan ragam hambatan mulai dari biaya pembebasan lahan, kesediaan warga dari lingkungan sekitar lokasi peternakan dan lainnya, namun setidaknya pemilihan lokasi kandang didukung kemudahan akses jalan agar mempermudah kegiatan pemasaran dan keluar masuk hewan ternak domba. 


Adapun perbedaan antara kandang pembibitan domba dan kandang penggemukkan domba nantinya adalah hanya pada luas ukuran kandang saja, sehingga dari sisi pemilihan lokasi kandang sebagaimana tersebut di atas adalah sebaiknya menjadi Pedoman Kita dalam membangun kandang kambing domba. Kandang penggemukkan domba dalam praktiknya adalah berukuran lebih kecil dibandingkan kandang pembibitan domba, tidak lain ini dikarenakan tujuan usaha daripada penggemukkan domba itu sendiri agar terjadi penambahan berat badan pada ternak domba secara rutin tiap bulannya sesuai target yang diharapkan peternak. Informasi usaha penggemukkan domba yang sudah pernah dibahas pada posting sebelumnya yaitu pada kegiatan usaha penggemukkan domba dan peluang pasar domba Garut. Berikut adalah penjelasan lainnya mengenai Design Kandang Penggemukkan Domba, Kapasitas Kandang untuk 100 ekor ternak anak domba atau bibit domba penggemukkan. Luas Area Kandang Domba adalah 240 m2, Ukuran Kandang Domba per 1 ekor adalah 1 m x 0,6 m

Adapun Estimasi Biaya Pembuatan Kandang Domba adalah sebagai berikut:
1.Balok ukuran 8 x 12 sebanyak 4 m3 x Rp. 1.500.000,- = Rp. 6.000.000,-
2.Papan ukuran 4 x 12 sebanyak 4 m3 x Rp. 1.000.000,- = Rp. 4.000.000,-
3.Papan ukuran 2 x 15 sebanyak 4 m3 x Rp. 1.000.000,- = Rp. 4.000.000,-
4.Bambu 44 Batang x Rp. 20.000,- = Rp. 880.000,-
5.Tenaga Kerja sebanyak 3 orang, 21 hari kerja x Rp. 45.000,- = Rp. 2.835.000,-
Total Biaya Pembuatan Kandang Domba = Rp. 17.715.000,-
*Periode Penyusutan Kandang Domba adalah dihitung 2 tahun 
*Biaya Bergantung Bahan Kayu dan Penambahan Bangunan Utama di luar Kandang  
http://www.dombagarut.blogspot.com
Tidak hanya sekedar pemilihan lokasi kandang yang tepat, bangunan kandang yang baik dan ideal bagi hewan ternak domba, berikut adalah hal-hal lain yang harus diperhatikan sebagai bagian kelengkapan kandang domba: 

Tempat pakan ternak yang harus tersedia sebagai bagian pada design kandang domba. Seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah. Kemudian perlukah tempat minum ternak sebagai bagian design kandang domba? Pakan hijauan berupa rumput dan dedaunan yang diberikan pada ternak sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan mineral domba. Jadi untuk domba tidak perlu dibuatkan tempat minum lagi sebagai bagian design kandang sebenarnya. 

Keterangan yang diperoleh dari salah satu sahabat ternak di mana sebaiknya masih perlu ditunjang dengan penjelasan ilmiah, daging domba akan cenderung lembek bilamana diberikan minum. Pengecualian untuk design kandang kambing khususnya bilamana kambing yang dipelihara adalah tergolong jenis kambing perah seperti kambing Etawa misalnya, sebaiknya tempat minum adalah disediakan sebagai tambahan asupan mineral bagi ternak apabila terjadi kekurangan yang bersumber dari pakan hijauan, termasuk tempat minum jika peternak kambing bermaksud memberikan suplemen organik cair tertentu yang biasa diberikan pada kambing perah sebagaimana informasi tentang suplemen organik cair  bagi ternak kambing.  

Perhatikan jarak ketinggian antara lantai kandang dengan permukaan tanah, tidak lain ini bertujuan memudahkan petugas kandang ketika membersihkan kotoran domba yang ada di bagian bawah kolong kandang. 

Tampak gambar di bawah yaitu kandang penggemukkan domba dengan ukuran 1 m x 0,6 m. Tidak terlalu luas namun harus tetap menjadikan domba dapat beristirahat. Sebagai saran, sifat agresif domba Garut adalah senantiasa membenturkan tanduknya, olehkarenanya khusus untuk bangunan kandang penggemukkan domba dengan jenis domba Garut di mana sebaiknya pastikan betul bahan kayu dan bangunan yang dibuat untuk kandang adalah cukup kokoh.


Sebagaimana ulasan di atas, perhatian jarak antara lantai kandang dengan permukaan tanah sebagai ukuran tinggi kandang yang minimal sebaiknya 0,5 meter. Dari pengalaman penulis, tinggi kandang dari permukaan tanah yang terlalu rendah akan menjadikan ternak domba mengalami sakit mata karena uap dari urine yang ada di bawah kandang. Tidak perlu khawatir bilamana hewan ternak domba mengalami sakit mata, perasan air jeruk nipis dikenal ampuh sebagai obat tetes mata hewan peliharaan tradisional.  

Lantai kandang domba yang dibuat beralaskan bambu di mana berjarak tidak terlalu sempit namun tidak terlalu lebar. Tidak terlalu sempit bertujuan agar memudahkan kotoran domba dan urine ternak jatuh ke bawah. Tidak terlalu lebar bertujuan agar kaki domba tidak terperosok ke bawah. Ukuran bambu ideal adalah dengan diameter 4 cm.


Aliran limbah urine ternak dan penampungan kotoran domba dari kandang juga harus menjadi perhatian. Urine ternak domba sebaiknya mengalir langsung ke tempat penampungan yang selanjutnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik cair, sedangkan kotoran ternak padat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang organik untuk tanaman perkebunan. Pada postingan blog terdahulu, telah dibahas tentang hasil uji laboratorium pupuk kotoran domba dan urine ternak domba di lokasi peternakan Kami.


Bagaimana dengan ventilasi pada kandang? Pastinya adalah mutlak diperlukan terlebih apabila kandang domba dilindungi dengan bangunan tambahan, fungsi ventilasi pada bangunan kandang diantaranya, membuang panas, membuang uap air yang berlebih, mengurangi bau dan memberikan sirkulasi udara serta oksigen yang lancar. Untuk bangunan kandang secara keseluruhan, sirkulasi dapat dibuat dengan memasang ram kawat sehingga sinar matahari juga tetap dapat masuk seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Sirkulasi udara pada Kandang yang tidak lancar dan sinar matahari yang kurang akan menjadikan kondisi lembap pada Kandang, Ternak Kambing Domba akan menjadi rawan terhadap penyakit kembung perut dan rentan terhadap bibit penyakit lainnya. Bilamana memungkinkan, pada atap ditambahkan beberapa genteng kaca sehingga sinar matahari dapat menerobos masuk dari setiap penjuru. Berikan lampu penerangan secukupnya di malam hari. Tidak lain ini bertujuan bilamana ada domba yang sakit ataupun melahirkan di malam hari dengan adanya lampu penerangan maka akan memudahkan penglihatan Petugas Kandang untuk memberikan pertolongan.


Menelusur situs TokoOne,Solar Wall Light, lampu teras, lampu garasi, lampu kabin, lampu gudang, 5 LED solar power tenaga surya matahari, cocok untuk segala ruangan yang terpisah dari bangunan utama. Lampu tenaga surya dengan 2 meter kabel, cocok untuk di kabin kapal, gudang, pos satpam, kamar kecil, garasi atau ruangan ruangan lainnya yang terpisah dari bangunan utama. Tidak perlu menarik kabel listrik rumah, tanpa ribet dan pusing serta hemat biaya. 

http://tokoone.com/lampu-teras-garasi-kabin-gudang-5-led-solar-power-tenaga-surya-matahari-cocok-untuk-segala-ruangan-yang-terpisah-dari-bangunan-utama/?affid=4508
Pada Kandang Kambing Domba sebaiknya harus tersedia pula Kotak Obat-Obatan sebagaimana layaknya Kotak P3K pada sebuah rumah. Ini akan membantu untuk pertolongan pertama pada hewan ternak domba yang sakit sebelum menghubungi dokter hewan terdekat.

Tanami area sekitar kandang dengan aneka jenis rumput sebagai pakan hijauan, aneka jenis tanaman yang hasilnya bermanfaat untuk pengobatan ternak tradisional seperti jeruk nipis untuk obat sakit mata hewan ternak, pohon pepaya yang bisa dimanfaatkan daun dan buahnya serta jenis pepohonan lainnya. Walaupun tidak dalam jumlah besar namun paling tidak dapat membantu ketersediaan cadangan stok pakan ternak, apotek hidup dan upaya penghijauan. Peternak domba kreatif, tidak hanya beternak namun menghijaukan lahan sekitar dengan pohon dan tanaman yang memberikan manfaat baik untuk kehidupan manusia ataupun pengobatan penyakit pada ternak domba. 

4 komentar :

  1. Salut banget buat villa domba,semoga saya dapat ikut belajar dan mengikuti jejak villa domba

    BalasHapus
  2. Numpang Iklan Pak.

    Sedia Kandang Ternak (Unggas dan Burung)aneka ukuran.
    Hubungi kami
    MANDIRI AGRO MULIA
    0899876493

    BalasHapus

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia