Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Senin, 01 Oktober 2007

Pakan Ternak - Limbah Pasar

Toko Buku Online
Musim kemarau yang panjang tentunya menjadi kendala bagi peternak dalam memperoleh hijauan berupa rumput ataupun dedaunan untuk pakan ternak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mensiasati kendala yang dialami oleh peternak di musim kemarau, Alternatif Pakan Ternak berupa Limbah Organik Pasar. Kupasan kulit jagung ternyata bermanfaat untuk diberikan kepada ternak sebagai pakan hijauan alternatif di musim kemarau. Kupasan Kulit Jagung ini dapat diperoleh dengan mudah di lokasi pasar induk yang ada.
Seperti di Bandung misalnya, pada tiap harinya kurang lebih 4 ton jagung masuk ke pasar induk Caringin. Bilamana diambil kupasan kulitnya maka sekitar 2 ton dapat dikonsumsi untuk pakan ternak Domba Kambing per harinya. Harganya relatif murah, untuk membayar Kuli Angkut dan Pengumpul Kupasan serta Transportasi adalah dihitung Rp. 5.000,- per karung dengan berat karung kurang lebih sekitar 30 Kg. Jadi per Kg nya dapat dihitung sekitar Rp. 150,-. Bila dalam 1 hari ternak mengkonsumsi 5 Kg Hijauan maka Biaya Pakan per harinya cukup Rp. 750,- per ekor! Kita pun dapat memberikan nafkah tambahan bagi para pekerja di pasar!
Disarankan untuk menjemur terlebih dahulu Limbah Organik Pasar yang baru tiba. Kemudian bilamana memungkinkan untuk mencacahnya sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi oleh ternak. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia