Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Minggu, 22 Juli 2007

Penas Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional

Sumber.Litbang.Deptan RI. Pekan Nasional Pertemuan Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (PENAS) XII tahun 2007 ini akan diselenggarakan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada tanggal 7 – 12 Juli 2007. Kegiatan ini merupakan ajang yang efektif bagi para kontak tani nelayan seluruh Indonesia berhimpun untuk saling bersilaturahmi, bertukar informasi, belajar satu sama lain, berkomunikasi dan bertemu langsung dengan pemerintah, swasta maupun BUMN serta para pelaku pembangunan pertanian lainnya.

Momen ini menjadi penting, karena para kontak tani nelayan melakukan evaluasi atas pencapaian kinerja selama kurun waktu tiga hingga empat tahun untuk kemudian merumuskan langkah-langkah nyata dalam menyikapi berbagai peluang dan tantangan di masa yang akan datang. "PENAS ini juga tentu sangat baik untuk mengevaluasi dan memperoleh masukan yang positif terhadap dampak pelaksanaan revitalisasi pertanian, perikanan dan kehutanan dua tahun lalu," kata Mentan dalam sambutannya pada rapat Rapat Pleno Pertama persiapan pelaksanaan PENAS XII 2007 yang dibacakan oleh Sekjen Deptan Hasanuddin Ibrahim.

Sejak diselenggarakan kali pertama pada tahun 1971 di Cihea, Cianjur, Jawa Barat hingga pelaksanaan PENAS di Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara pada tahun 2004, telah dihasilkan kesepakatan-kesepakatan melalui Rembug Utama. Hingga kini, Rembug Utama tersebut memberikan warna dan dinamika tersendiri bagi perkembangan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) sebagai sebuah organisasi mandiri yang memperjuangkan aspirasi kaum tani-nelayan Indonesia. Dimotori KTNA NAsional, petani-nelayan berkomitmen untuk bahu membahu membangun dan mensukseskan program pemerintah dalam membangun pertanian yang berfokus pada pembangunan sistem dan usaha agribisnis.

PENAS XIIPelaksanaan PENAS XII ini diharapkan dihadiri sekitar 20 ribu orang lebih itu. Rencananya, akan dibuka oleh Presiden RI pada tanggal 7 Juli 2007 dan dihadiri para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Sedangkan acara penutupan akan dilakukan oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 12 Juli 2007.Dalam rangkaian acara yang memakan waktu sepekan itu akan digelar berbagai bidang kegiatan, antara lain, Bidang Kepemimpinan dan Kemandirian Kontaktani Nelayan; Bidang Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis; Bidang Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produksi Agribisnis; Bidang Pengembangan Wirausaha Petani-Nelayan dan Kesadaran Lingkungan; dan Bidang Sinkronisasi Program Pembangunan Pertanian Pusat dan Daerah.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan, sebagai unit pelaksana teknis Badan Litbang Pertanian di wilayah Sumatera Selatan, telah mempersiapkan areal khusus untuk Ekspose Tenologi dan Kualitas Produksi Agribisnis. Dalam areal tersebut akan ditanami dengan aneka tanaman varietas unggul seperti tanaman bioenergi (ubi kayu, tebu, jarak pagar, dan ubi jalar), tanaman pangan (padi gogo, kacang-kacangan dan jagung), tanaman hortikultura (semangka, timun, tanaman hias, melon, cabai), tanaman biofarmaka (iron rice, jahe berselenium, temulawak dan sambiloto), peternakan (penggemukan dan pembibitan sapi serta unggas), dan perikanan (keramba jaring apung serta tebar ikan).

Untuk mensukseskan PENAS XII, Mentan menginstruksikan seluruh jajaran Departemen Pertanian baik pusat maupun daerah turut mendukung secara penuh. Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah menyatakan kesiapannya dan mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat agar penyelenggaraan akbar bagi para petani dan nelayan tersebut dapat berjalan secara lancar.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia