Blog Informasi Ternak Domba Garut,Cara Beternak Domba,Komunitas Dan Produk Hilir Usaha Kambing Domba

Minggu, 22 Juli 2007

Aneka Jenis Domba

Apa yang menjadikan domba sebagai ternak peliharaan favorit di dunia? Hampir semua bagian tubuh ternak domba dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia, dagingnya untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan nutrisi manusia, bulu domba yang sejak lama dikenal sebagai bahan wol berkualitas, kulit domba yang dijadikan bahan jaket kulit, sepatu serta aneka kerajinan lainnya, susu domba sebagai bahan kecantikan alami dan juga makanan sehat, kotoran ternak domba sebagai sumber pupuk organik untuk tanaman.


Domba di daerah Portland   

Ada berapa banyak ras ternak domba di dunia hingga masa sekarang? Adalah ratusan terkait jumlah ras ternak domba yang ada di dunia, namun berdasarkan fungsinya adalah dibagi menjadi tiga, pertama adalah domba penghasil daging, kedua ialah domba penghasil wol dan ketiga yaitu domba penghasil susu. Selain ternak domba yang sudah didomestikasi manusia untuk kepentingan komersial guna memenuhi kebutuhan sandang dan pangan sejak 10 ribu SM yang lampau, ras domba liar juga masih banyak terdapat di hutan pegunungan dunia.  

Domba Di Negara Polandia

Ras domba apakah yang dikenal memiliki ukuran tubuh terbesar di dunia? Domba Argali adalah dikenal sebagai domba yang memiliki ukuran tubuh terbesar di dunia, domba ini sebenarnya merupakan spesies domba liar yang hidup di pegunungan dataran tinggi Asia Tengah. Tinggi domba Argali jantan dapat mencapai 150 cm dengan panjang 200 cm dan memiliki berat hidup optimal hingga 200 kilogram! Domba ini hingga sekarang sangat digemari sebagai domba buruan dikarenakan bentuk dan ukuran tanduknya yang memikat.   

Jenis domba apa saja yang ada di dunia yang menurut fungsinya dikenal sebagai domba penghasil wol? Domba penghasil wol sendiri sebenarnya terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kualitas bulu wol yang dihasilkan, tiga terbaik diantaranya adalah yang dinamakan Fine Wool Sheep seperti domba Merino Australia dan domba Rambouillet di Inggris, kemudian ada yang dinamakan Long Wool Sheep seperti domba Lincoln dan Romney di USA, ketiga yaitu Medium Wool Sheep seperti domba Suffolk, Texel dan domba Dorset. 

Merino Australia 

Jenis domba apa saja yang biasa dipelihara oleh peternak dan diperdagangkan di Indonesia? Untuk domba lokal Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis domba yang merupakan plasma nuftah, diantaranya adalah domba Garut, selain itu terdapat juga jenis domba lokal lainnya yaitu domba ekor tipis yang biasa dikenal dengan istilah domba gembel di tanah Jawa, domba ekor gemuk serta beberapa domba lainnya di luar pulau Jawa seperti domba Sei Putih yang ada di kepulauan Sumatera. 
    
 

Jenis ternak domba apa yang sebaiknya dipelihara oleh peternak di Indonesia? Semangat untuk lebih mengembangkan plasma nuftah Indonesia dan potensi ternak lokal yang ada di sekitar adalah pemikiran bijaksana sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan jenis ternak domba yang sebaiknya dipelihara, seperti misalnya di wilayah provinsi Jawa Barat dengan domba Garut sebagai ciri khasnya, walaupun pengembangan domba unggulan tetap diperlukan di setiap wilayah Indonesia guna perbaikan mutu bibit dan kualitas ternak. Posting blog terdahulu, Domba Garut Bukan Sekedar Daging!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saran, Kritikan dan Masukan Anda diperlukan untuk Kemajuan Usaha Ternak Indonesia